@PBSI_Inovasi media pembelajaran perlu di lakukan oleh
setiap guru. Penggunaan media pembelajaran yang sama, dapat membuat
siswa jenuh dan bermalas-malasan mengikuti kegiatan pembelajaran di
kelas. Sebaliknya, jika guru mampu menghadirkan media pembelajaran yang
inovativ dan menarik, siswa akan lebih aktif mengikuti kegiatan
pelajaran di kelas. Oleh karena itu, sebagai seorang guru perlu
memiliki kreatifitas yang mempuni dalam memlih dan mengembangkan media
pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pemilihan
media pembelajaran haruslah mampu mengarahkan siswa untuk mencapai
kompetensi pembelajaran.
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui mata kuliah "Pengembangan Media Pembelajaran BSI",
mencoba melakukan inovasi pengembangan media pembelajaran bahasa dan
sastra Indonesia dengan memanfaatkan barang-barang sederhana yang di
rancang sedemikian rupa sehingga mengasilkan media pembelajaran BSI yang
terkesan menarik dan mudah digunakan guru dalam proses pengajaran di
kelas. Pengembangan media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini,
diharapkan dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah melalui kegiatan Magang III (Real Teaching).
Berikut contoh karya mahasiswa PBSI dalam berinovasi dan pengembangan media pembelajaran BSI
- Pohon Kata Bunga Tertutup (Karya Stefanus Fifianto, NPM; 20140203023)
Bahan; Bambu kuning, Kertas Origami (berwarna), Spidol/Bolpoint dan Kertas Buffalo
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-NtCzVJy0_twA-1KUaD_9xDEJwYeiZr8epZL9wqFH1lAgfSh2NZGAdaGrFulxMDoK15YSnljdjhEyoVMsGV9jcQBJ8YEkwE4Rgbs5imZruF6c-5FNhTrqXeSlmTXXB7pNDeaJGc3Zz2Y/s640/18143070_1968939116672682_573603343_n.jpg)
- Roda Putar Bersurat (Karya : Nahdira, NPM: 20140203016)
Media Roda Putar Bersurat yang di buat oleh Nahdira, meupakan media pengembangan dari permainan Roulette,
yaitu jenis permainan roda putar yang biasanya dapat dijumpai pada
permainan Kasino.Hal yang berbeda dari media ini adalah roda putar
dirancang tidak menggunakan angka-angka melainkan di desain dengan surat
berwarna-wanri disekelilingnya, isi dalam surat tersebut merupakan
kata-kata kunci kegiatan pembelajaran unsur intrinsik dan kestrinsik
puisi.
Bahan: Kardus, Kertas Origami berwarna, Kertas Buffallo dan Spidol/ Bolpoint
Bahan: Kardus, Kertas Origami berwarna, Kertas Buffallo dan Spidol/ Bolpoint
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiX79lrtDyYrPnz6HKFBqDC8BPZDXwIz-iRHaJlwzpTOvfDyboADVAqyY8ogb2-G0VXM9oUpoB4HOq9wO3-0mr5m1Zr_Gc7XrmHJo18X1ZnkJM7oviuRbixxKshGkn5BwoOQG4oKA0SroA/s1600/18155481_1968939210006006_1955687358_n.jpg)
- Saku Kata (Karya: Selestina Seles, NPM: 20140203022)
Media
Saku Kata karya selestina Seles, merupakan media pengembangan dari
media kartu kata. Media ini di gunakan untuk pembelajaran menemukan
unsur intrinsik dan ektrinsik cerpen.
Bahan: Kain ukuran 1/2 meter, Kertas Buffalo, Benang dll
- Bunga Berdaun Kata (Karya: Salfatrix Mone, NPM:20140203021)
Media pembelajaran Bunga berdaun kata, merupakan media pengembangan dari
media pembelajaran sebelumnya yaitu bola-bola kertas. Media bunga
berdaun kata ini, digunakan untuk kegiatan pembelajaran menulis berita
dengan pendekatan 5 W + H yang di sisipkan pada setiap daun di setiap bunga tersebut.
Bahan : Kertas Buffalo (berwarna), Spidol/pewarna tulis, tangkai (terbuat dari kayu) dll
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0TuTuNcFrUHbbTk3okLKpiHisgU6atbeeIUOqZ4pebVuIBz1jINeao1OTBuG5xVdZ-fFzwCNPfiq424Bg9d2UANvjMPT4ZECW1kwd6K-Yx0fVQf34zs__1ItGcSLQeuVKovRs0jLvhhU/s1600/18110719_1968939120006015_608223048_n.jpg)
- Lapngan Kata-Kata (Karya: Nurmawati, NPM: 20150203028)
Bahan: Gabus ukuran 1/2 Meter, kardus, kartas manila dan bolpoint
Sumber: http//:pbsiikipmuh.blogspot.com
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFOvw72x1mBGm57pogxji92JcLc1wHN8EeDD7mxSUM0J21PJXv4rWbXzwJo0hb8r_fFpZ0YGfs4S51A9v9zIDTMvpnxAKcMf_nGjmwFvQeBVAbA0uvaoSrIuWGsNKu5PSUpjxKfnWXr8g/s640/IMG_20170427_162901-01.jpeg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar