News PBSI IKIPMu Maumere

Jumat, 07 Juli 2017

OPINI; Pentingnya menanamkan budaya membaca di IKIPMu Maumere

"Pentingnya menanamkan budaya membaca di IKIPMu Maumere"
Oleh: Ayu Koban (ayukoban4@gmail.com)

Membaca merupakan sebuah keharusan bagi seluruh manusia guna memperoleh ilmu pengetahuan.Kegiata membaca merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kehidupan manusia,karena dengan membaca dapat memperkaya dan memperluas wawasan kehidupan.Sehingga pembaca mampu untuk mendewasakan diri.Maka tidak heran jika seseorang ingin belajar sebuah ilmu dia harus bisa memahami isi dan maksud keilmuan tersebut melalui sumber-sumber buku,dan sebelum mempelajari  sebuah pemahaman dalam buku-buku tersebut,seseorang harus melalui proses yang sangat penting yaitu membaca.Dan jika seseorang  ingin terus menerus menambah keilmuannya,dia harus senantiasa selalu membaca,membaca dan membaca.
Kini di zaman reformasi ini, tentu bukan lagi perjuangan mengangkat senjata yang diperlukan. Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri, setiap zaman memiliki tokohnya masing-masing dengan kisah-kisah masing-masing yang mengintainya termaksud kita sebagai pelajar atau mahasiswa. Ketika kita  mendengar kata mahasiswa tentu ada banyak sekali pandangan positif. Mahasiswa adalah orang yang tahu segalanya, mahasiswa identik dengan buku dan hal-hal yang berbau pengetahuan dan keterampilan. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman mentalitas membaca sangat merosot dikalangan mahasiswa.
Membaca buku atau literature adalah sumber referensi yang sangat penting bagi mahasiswa. Sayangnya, minat baca mahasiswa saat ini terlihat sangat minim. Perkembangan teknologi informasi membuat mahasiswa lebih sering mencari informasi dari internet dibanding buku. Rendahnya minat baca mahasiswa dapat dilihat dari jumlah kunjungan yang ada di setiap perpustaaan kampus. Perpustakaan biasanya terlihat ramai ketika Wifi di kampus sedang Connet dan digunakan oleh mahasiswa untuk mencari sumber atau referensi tugas mereka. Sebaliknya, pada hari-hari biasa yang banyak terlihat hanyalah mahasiswa yang sama yang sedang mengerjakan skripsi.
Membaca bagi mahasiswa saat ini seperti bukan kebutuhan yang utama lagi. Jangankan untuk membaca buku tentang teori pelajaran, membaca Koran kampuspun terkadang mereka malas. Yang banyak dikunjungi mahasiswa saat ini justru website google seperti facebook, twiter, Instagram, Whatsaap, Line, BBM dan aplikasi media massa lainnya.
Mengunjungi media massa memang tidak ada salahnya, namun membaca buku yang mengandung ilmu pengetahuan jauh lebih baik bagi mahasiswa. Mahasiswa membutuhkan bacaan yang mengandung ilmu pengetahuan agar intektualitas mereka lebih terasah. Dari membaca buku, mahasiswa juga bisa memperkaya kosa kata mereka serta mendatangkan inspirasi dan motivasi untuk menulis. Selain itu juga membaca juga dapat meningkatkan konsentrasi mahasiswa.
Rendanya minat baca dikalangan mahasiswa sekarang, disebabkan oleh banyak faktor. Faktor utama adalah pendidikan dasar dari dari orang tua atau keluarga masing-masing. Jika sejak dini orang tua telah menanamkan  budaya membaca pada anak-anak mereka, makaniscaya hingga dewasa budaya itu akan tetap ada.
Faktor kedua adalah pengaruh lingkungan. Perkembangan teknologi sperti internet memudahkan siapa saja mengakses informasi. Mahasiswa tidak perlu repot-repot membaca Koran atau buku untuk memperoleh informasi sekarang ini. Cukup bermodalkan  gadge canggih seperti smart phone, PC Tablet, dan Laptop serta koneksi internet, berbagai informasi dengan mudah mereka dapatkan.
Keberadaan internet membuat setiap hal terasa lebih praktis daripada repot membaca buku tebal, banyak mahasiswa semakin bergantung pada internet dan meninggalkan buku sebagai acuan mendapatkan informasi dan ilmu.
Tidak mudah memang membuat mahasiswa menjadi rajin membaca buku. Membaca merupakan kebiasaan yang terbentuk sejak dini. Agar tercipta generasi yang minat bacanya tinggi, maka para orang tua harus menanamkan budaya baca pada anak mereka sedari kecil. Ajari anak-anak membaca buku mulai dari bacaan ringan seperti cerpen, dongen dan buku cerita lainnya. Lama-kelamaan anak akan terbiasa membaca buku. Tingkat konsentrasi mereka pun akan semakin tinggi sehingga tidak akan merasa berat walaupun membaca buku yang tebal sekali.
Jika sudah terlanjur dewasa dan menjadi mahasiswa yang malas membaca buku, maka akan sulit merubah kebiasaan tersebut. Salah satu hal yang akan mendorong mahasiswa membaca biasanya karena tututan tugas kuliah atau memang karena karena dosen yang memaksa.
Minat baca mahasiswa terbentuk dari pribadi masing-masing. Hal yang penting untuk menumbuhkan minat baca mahasiswa adalah kesadaran. Mahasiswa harus sadar bahwa membaca buku adalah kebutuhan primer yang mutlak diperlukan agar mereka semakin berwawasan luas.
Oleh karena itu,sebagai seorang mahasiswa kita harus rajin membaca,karena jika kita membaca,kita akan mendapatkan ilmu dari setiap apa yang kita baca.Maka dari itu,kita harus bisa menghilangkan rasa malas yang timbul dari dalam diri kita sendiri.Kita juga harus memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah tersedia di sekitar kita,seperti perpustakaan,majalah Kampus,buku pelajaran dan lain-lain.

Sebagai seorang mahasiswa IKIPMu ,sebaiknya menjadikan membaca sebagai suatu kebiasaan,karena membaca adalah satu cara agar wawasan kita bertambah.Jangan terlalu sering menggunakan waktu luang untuk melakukan hal yang sia-sia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar