News PBSI IKIPMu Maumere

Jumat, 06 Juli 2018

IKIPMu; UAD beri Pelatihan dan Workshop "Pembelajaran Kooperatif Berbasis Internet"

@Newspbsi- Tim dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) beri pelatihan dan workshop "Pembelajaran Kooperatif Berbasis Internet" kepada guru mata pelajaran IPA tingkat SMP/MTs se-derajad Kab. Sikka di kampus biru IKIP Muhammadiyah Maumere, (Rabu,3/07/2018)

Kegiatan pelatihan dan workshop "Pembelajaran Kooperatif Berbasis Internet" bagi guru tingkat SMP/MTs se-derajad Kab. Sikka yang bertempat di kampus IKIP Muhammadiyah Maumere merupakan inisiasi dari tim Dosen Universitas Ahmad Dahlan. Menurut Wakil Direktur program Pasca Sarjana sekaligus ketua peneliti UAD  (Dr. Ir. Dwi Sulisworo, MT), alasan memilih Indonesia Timur khususnya Maumere Kab.Sikka sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan pelatihan dan workshop "Pembelajaran Kooperatif Berbasis Internet" semata-mata untuk memberi pelayanan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan UAD. Menurutnya, Maumere, Kab. Sikka perlu mendapat kesempatan dan perhatian yang sama dengan daerah-daerah yang ada di pulau Jawa kaitannya dengan pemerataan pendidikan dan pemenuhan akses informasi. Harapannya, dengan adanya kegiatan ini dapat memberi tambahan pengetahuan kepada guru yang hadir dalam mengembangkan dan memanfaatkan penggunaan media internet (Edmodo) di sekolah. Pembelajaran kooperatif berbasis Internet dapat memberi pengaruh positif dalam membentuk karakter siswa di sekolah.

Berdasarkan pantauan @Newspbsi, Plt. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kab. Sikka (Patrisius Pederiko,S.Pt.) juga hadir memenuhi undangan IKIP Muhammadiyah Maumere untuk memberi sambutan dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan dan workshop "Pembelajaran Kooperatif Berbasis Internet". Dalam sambutannya, beliau memberi apresiasi kepada pihak Universitas Ahmad Dahlan sebagai penggagas dan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan yang telah dilakukan oleh lembaga perguruan tinggi seperti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan IKIP Muhammadiyah Maumere ini sebenarnya telah membantu program pemerintah untuk meningkatkan  kompetensi guru yang ada di Kab. Sikka, khususnya guru SMP pada mata pelajaran IPA. Sebagai penutup sambutan, Patrisius berpesan bahwa; "Guru masa kini harus lebih aktif menggunakan media elektronik seperti (laptop,LCD dll) karena tuntutan perkembangan zaman dan kurikulum 2013 mengharuskan kita agar mampu menguasai dan memanfaatkan berbagai media elektronik serta media internet sebagai sarana pembelajaran di sekolah".

Pada kesempatan yang sama, Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere (H. Rodja Abdul Natsir, S.H., M.Pd.) dalam sambutannya berharap agar kehadiran tim dosen Universitas Ahmad Dahlan ini dapat dimanfaatkan para guru yang hadir untuk menimbah ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal yang bermanfaat sehingga dapat diimplementasikan dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Selain itu, Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) lainnya dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia timur khususnya Kab. Sikka. 

Dalam sesi wawancara terpisah @Newspbsi bersama Wakil Rekrot I  bagian akademik (Erwin Prasetyo,S.T., M.Pd.) dijelaskan bahwa kegiatan pelatihan dan workshop "Pembelajaran Kooperatif Berbasis Internet" Universitas Ahmad Dahlan ini merupakan kegiatan pengabdian dan penelitian yang dibiayai oleh Kemenristekdikti. Kegiatan ini terlaksana atas kerajasama antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan kampus IKIP Muhammadiyah Maumere. Menurut beliau, alasan Indonesia timur khususnya Maumere, Kab.Sikka di tunjuk sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan, karena selama ini Indonesia timur kurang mendapat perhatian dari pemerintah khususnya akses informasi dan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di sektor pendidikan. Kemajuan teknologi dan akses terbuka informasi belum manfaatkan secara optimal oleh guru-guru di Indonesia timur. Oleh karena itu, IKIP Muhammadiyah Maumere sebagai lembaga pendidikan tinggi terus berupaya memberi kontribusi positif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kab. Sikka.

Sumber;(https://newspbsiikipmuhmaumere.blogspot.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar