News PBSI IKIPMu Maumere

Jumat, 11 November 2016

SMANTAL; 1 Bulan Sudah Calon Guru Muda IKIPMu Maumere Jalani Magang 3"

News_PBSI-- Satu bulan sudah Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere  menjalani kegiatan magang 3. Salah satunya di SMA Negeri 1 Tali Bura, Desa Nagahale-Kec. Talibura. (Jumad,23 September 2016)

Kegiatan magang 3 merupakan bagian dari mata kuliah setara 2 SKS yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa IKIPMu pada jenjang studi semester VII (tujuh). Pelaksanaan magang 3 di tempuh selama 1 bulan sesuai lokasi penempatan magang. Dalam kegiatan magang 3 ini, mahasiswa di latih sebagai asisten guru untuk mengkaji fenomena pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh guru sesuai bidang mata pelajaran, tetapi tidak menutup kemungkinan mahasiswa juga mengambil bagian dari proses pengajaran di kelas. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengimplementasikan pengethuan yang telah dipelajari saat berada di kelas perkuliahan.

Mahasasiswa yang mengikuti kegiatan magang 3 wajib lulus seleksi berjenjang, yakni mahasiswa wajib lulus mata kuliah prasyarat seperti Magang 1 (Magang Observasi), Magang 2 (Magang Perangkat Pembelajaran) dan Microteaching (Peer Teaching).

Adanya magang 3 sebagai mata kuliah kependidikan adalah bentuk peralihan dari kurikulum lama (Kurikulum 2006) ke kurikulum baru KKNI (Krangka Kualifikasi Nasional Indonesia), yang menuntut setiap lembaga pendidikan tinggi baik Swasta (PTS) maupun Negeri (PTN) untuk menyesuiaikan kurikulum lama ke kurikulum baru. Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Sehingga mata kuliah seperti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada kurikulum 2006 mengalami transisi dan di ganti dengan istilah Magang pada kurikulum KKNI.
Sebagai contoh, Kampus IKIP Muhammadiyah Maumere, telah mengimplementasikan kurikulum KKNI melalui kegiatan magang 3 di SMA Negeri 1 Talibura. Pelaksanaan magang 3 kini telah dijalani mahasiswa selama 1 bulan, sejak tanggal 22 Agustus hingga 22 September 2016.

Pelaksanaan kegiatan magang 3 ini, mendapat apresiasi dan dukungan positif dari berbagai pihak khususnya pihak Sekolah. Respon positif juga disampaikan oleh siswa  yang begitu antusias dalam menerima kehadiran mahasiswa (calon guru) di sekolah mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan jalinan keakraban mahasiswa (peserta Magang 3) dan siswa SMAN 1 Talibura dalam berbagai kegiatan yang di selenggarakan pihak sekolah baik yang bersifat akademik maupun non-akademik.

Kegiatan magang 3 ini juga mendapat dukungan serta perhatian positif  dari kepala sekolah SMAN 1 Talibura (Bpk. Marselinus Martin,S.Pd). Beliau juga mengucapkan "terimakasih dan apresiasi kepada pihak kampus IKIP Muhammadiyah Maumere yang telah menunjuk SMANTAL sebagai sekolah mitra kampus untuk mengembangkan kecakapan mahasiswa (soft skill) calon guru masa depan dalam membangun dan mengembangkan pendidikan di Kabupaten Sikka tercinta". Jalinan kerjasama ini nantinya diharapakan agar tetap terjalin sehingga dapat memperkokoh kekeluargaan dalam mewujudkan tujuan pendidikan (Sumber;newspbsiikipmuhmaumere.blogspot.com)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar